PERBEDAAN TUMOR DAN KANKER


PERBEDAAN TUMOR DAN KANKER


Banyak orang menganggap bahwa  TUMOR dan KANKER merupakan penyakit yang sama, yang padahal keduanya sebenarnya penyakit yang berbeda. Lalu apa perbedaan keduanya tersebut?  
Langsung saja saya jelaskan perbedaan antara TUMOR dan KANKER tersebut.


  • TUMOR  
       Tumor adalah kondisi dimana pertumbuhan sel yang tidak normal sehingga membentuk sebuah lesi atau benjolan di tubuh. Nah untuk agar ada gambaran, jadi tubuh kita ini terdiri dari banyak organ-organ, dan organ ini contohnya otak dan jantung dll. Organ-organ tersebut membentuk satu kesatuan misalkan jantung, dijantung itu ada jaringan-jaringanya yang membentuk unit-unit keil yang biasa disebut sel, sel-sel ini merupakan unit yang membentuk jaringa-jaringan, dan dari jaringan tersebut membentuk organ-organ. kalau misalkan pada kondisi normal sel itu sudah tidak lagi ber regenerasi atau tidak lagi tumbuh, seharusnya seperti itu. Sedangkan pada tumor itu masih tetap tumbuh karena selnya menjadi abnormal sehingga bertumbuh membentuk sebuah lesi atau benjolan ditubuh. Biasanya benjolan ini bentuknya keras atau masak atau kalau orang menyebutnya adalah daging tumbuh, dan bisa mengganggu area tubuh sekitarnya dan bisa juga tidak.

  • KANKER
      Kanker adalah suatu penyakit akibat pertumbuhan sel yang tidak  normal jadi hampir sama dengan penyakit tumor, yaitu sama-sama pertumbuhan sel yang tidak normal, tapi perbedaannya disini yang sangat menonjol adalah kanker ini pertumbuhannya tidak terkontrol dan selain tidak terkontrol kanker ini bisa cepat menyebar, jadi sel-sel yang sudah tidak terkontrol pertumbuhannya dia bisa menyebar ke area yang lain, misalkan kankernya tumbuh di paru-paru maka bisa menyebar ketulang atau keotak. Dan kanker itu banyak yang bilang tumor ganas, jadi sama-sama tumor sedangkan tumor  yang tadi itu tidak ganas sedangkan yang ini ganas. Artinya ganas itu dia cepat menyebar secara tidak terkontrol dan sulit untuk diobati dan bisa menyebabkan kematian. 
Perawatannya juga berbeda antara tumor dan kanker, kalau tumor biasanya hanya dilakukan pembedahan dan dia jarang muncul kembali, jadi kalau misalkan ada daging yang tumbuh atau ada tumor itu tinggal dibedah dan diambil jaringannya dengan tumornya, setelah diambil selesai, dan biasanya tumor tidak tumbuh kembali atau muncul lagi, sedangkan kanker itu biasanya ada tahap-tahapnya dalam proses penyembuhannya, pertama dilakukannya pembedahan lalu dilakukan kemoterapi dan selanjutnya dilakukan radiasi. Tapi kalau kankernya sudah stadium 4 maka kemungkinan besar susah untuk disembuhkan kecuali dengan izin yang diatas. Kalau kankernya memang sudah parah biasanya dokter akan melakukan kemoterapi terlebih dahulu supaya pertumbuhan sel kanker tersebut bisa diperlambat/supaya tidak ganas. Setelah kemoterapi beberapa siklus baru dilakukan pembedahan lalu dikemoterapi lagi. Dari tadi membahas tentang kemoterapi, kemoterapi itu apa sih? jadi kemoterapi ini adalh proses diberikan zat-zat kimia biasanya lewat infus yaitu untuk berapa siklus yang tujuannya menghancurkan sel-sel kanker tersebut. jadi selain menghancurkan sel-sel kanker tidak menutup kemungkinan jaringan-jaringan yg lain juga ikut terserang contohnya sel-sel darah biasanya ikut turun, dan yang paling sering kita jumpai yaitu rambut banyak yang rontok. Terus kalau radiasi adalah dilakukanya sinar atau penyinaran agar sel-sel nya kanker tersebut menjadi hancur DNA sel-sel kankernya.

Kesimpulan:
Tumor dan Kanker itu adalah sama-sama merupakan pertumbuhan sel yang abnormal, makanya banyak orang yang bilang yang satu tumor jinak dan yang satu tumor ganas(kanker). Tapi tidak semua tumor itu ganas, cuman untuk lebih memastikan biasanya dilakukan biopsi/potolegenotomi setelah dibedah itu untuk mengetahui sel tersebut ganas atau tidak itu. Tujuan dilakukan seperti itu untuk pencegahan lebih cepat dan kalau dia memang ganas bisa dilakukan tindakan-tindakan lain yang tadi sudah dijelaskan yaitu kemoterapi atau radiasi. Jadi tidak menunda-nunda waktu untuk tindakan selanjutnya.